Friday, September 23, 2016

Bahan Cetak Brosur

Sebelum jauh membahas tentang jenis-jenis bahan yang sering digunakan untuk mencetak brosur, perlu dibahas terlebih dahulu macam-macam brosur berdasarkan modelnya, yakni:
1. Brosur Monocolour.
Jumlah warna yang dicetak biasanya hanya 1 warna, seperti yang sering kita jumpai, yaitu brosur dealer motor. Bisa dicetak warna apa saja, Merah, Biru, Hitam, dll. Yang intinya hanya dicetak 1 warna saja, maka termasuk brosur jenis ini.

Sebenarnya untuk dicetak 2 warna juga masih masuk dalam kategori jenis ini. Karena proses cetaknya masih sama. Yang berbeda hanyalah jumlah prosesnya. kalau 1 warna berarti 1x proses cetak, sementara 2 warna 2 proses.

2. Brosur FullColour
Dari namanya sudah jelas, bahwa warna yang digunakan adalah full. hehe
Pada dasarnya warna tinta cetak hanya ada 4 warna, yakni Cyan, Yellow, Magenta dan Black yang kemudian sering kita dengar dengan istilah CYMK.
nah, untuk jenis brosur Full colour, maka Brosur tersebut dicetak langsung dengan 4 warna tersebut. Dan dengan perpaduan 4 warna tersebut, akan didapatkan warna-warna lain yang lebih banyak pilihannya.

nah, setelah mengetahui jenis-jenis brosur berdasarkan proses cetaknya, atau jumlah warnanya.
Sekarang kita sedikit mengulas tentang ukuran-ukuran brosur.
Ukuran Cetak Brosur sebenarnya tidak baku. Alias, tidak ada standart ukuran untuk cetak brosur. Namun ada yang sangat sering digunakan, yakni ukuran A5 untuk Flyer, A4 untuk Brosur dan atau A3 untuk Poster.
Selain itu ada ukuran lain?
tentu.
Ada Folio, 1/2 Folio, 1/3 Folio, Legal, dan lain sebagainya.

Dan asiknya, cetak brosur di TukangCetak.net bisa menghitung sendiri harga cetak brosurnya, tanpa ribet. tinggal input datanya, lalu harga akan keluar dengan sendirinya. ^_^

Okay, sepertinya awalannya sudah cukup banyak.hehe
langsung saja kita bahas Jenis-jenis bahan yang sering digunakan untuk cetak Brosur.
1. Kertas HVS
paling banyak digunakan untuk cetak brosur monocolour. Kertas HVS memiliki cukup banyak pilihan gramatur. Diantaranya adalah 60gsm, 70gsm, 80gsm, 100gsm, dan 150gsm.

2. Kertas Art Paper
Nah, jenis kertas ini yang paling sering digunakan untuk cetak brosur full colour. tersedia pilihan gramatur 85gsm, 100gsm, 120gsm, dan 150gsm. Untuk cetak 1 muka(1 sisi), gramatur 85gsm tidak ada masalah. namun untuk cetak 2 sisi, kami merekomendasikan menggunakan minimal yang 100gsm(120 gsm lebih aman)

3. Kertas Art Carton
Jenis kertas ini sangat mirip seperti Art Paper dari segi tekstur, dan tampilan. begitu juga dengan hasil cetak. Yang membedakan hanyalah pada ketebalannya saja. Pilihan gramaturnya antara lain 190gsm, 210gsm, 230gsm, 260gsm dan 310gsm
bahan ini cukup(bahkan bisa dibilang terlalu) tebal untuk ukuran brosur ataupun flyer yang akan anda sebar-sebar. namun cukup pas untuk cetak poster, yang selain membutuhkan ketajaman, juga membutuhkan keawetan dan daya tahan. Karena poster akan ditempel bukan 1 hari 2 hari kan? bisa jadi harapan anda 2 tahun tetap terbaca. ^_^

4. Kertas Matte Paper
Kertas jenis ini sedikit berbeda dengan Artpaper, Namun memiliki pilihan gramatur yang sama dengan Art Paper.

nah, itulah beberapa jenis kertas yang paling sering digunakan untuk mencetak Flyer/brosur/Poster.

Dan untuk lebih awetnya, Hasil cetakan tersebut bisa dilapisi/laminating.
laminating sendiri ada 2 pilihan, 1. Glossy/mengkilap dan 2. Doft.
kedua-duanya membuat tampilan brosur lebih cantik, dan tentu jadi lebih kuat.

No comments:

Post a Comment